Seduh Secangkir Kopi Sempurna di Rumah

Menyeduh secangkir kopi yang enak membutuhkan 4 hal: biji kopi terbaik yang dapat Anda temukan; penggiling; perangkat pembuatan bir; dan air dingin yang murni. Berikut adalah panduan untuk membuat secangkir kopi yang sempurna di rumah.

Banyak orang membeli kopi mereka dari toko kelontong. Sebagian besar pilihan dapat diminum. Namun, masalah dengan kopi toko kelontong – bahkan merek nasional – adalah kesegaran. Setelah dipanggang, kualitas kopi apa pun menurun seiring waktu, seperti roti panggang segar. Secangkir kopi yang luar biasa tidak hanya menuntut biji kopi segar, tetapi juga biji kopi berkualitas tinggi. Kedai kopi yang memanggang, atau operasi roaster saja memiliki kopi paling segar. Temukan toko/roaster lokal, atau cari online.

Kopi yang dibeli dari pengecer ini akan terdiri dari biji Arabika khusus yang memenuhi standar kualitas dan kondisi pertumbuhan yang sangat tinggi. “Spesial” adalah tingkat kopi yang sebenarnya – yang tertinggi. Kacang yang memenuhi standar ini hampir tidak memiliki cacat yang terlihat.

Orang yang memanggang adalah seorang artisan, anggota dari Roaster’s Guild, yang merupakan bagian dari Specialty Coffee Association of America (SCAA). (SCAA adalah asosiasi perdagangan yang mempromosikan keunggulan dalam industri kopi spesial melalui pendidikan dan pelatihan). Baginya, setiap pon sangat berharga dan kelangsungan hidup mereka bergantung pada kepuasan Anda. Pemanggangan dilakukan dalam jumlah kecil dan kopi segar dikirim langsung ke rumah Anda. Udara, cahaya, dan bau makanan di sekitar adalah musuh utama kopi, jadi gunakan penyimpanan kedap udara dan biji utuh akan mempertahankan kesegaran sekitar 2-4 minggu; kopi bubuk sekitar 2 minggu.

Sedikit lagi tentang kopi. Kopi arabika ditanam di negara-negara di atau dekat khatulistiwa — termasuk AS (Hawaii). Tengah, Amerika Selatan dan Karibia juga memproduksi kopi di belahan bumi ini. Negara-negara Afrika, Arab, Asia, dan Indonesia seperti Kopi Sumatra berproduksi di belahan bumi timur. Kopi untuk Anda akan tergantung pada profil rasa yang sesuai dengan selera Anda. Apakah Anda lebih suka Kosta Rika yang cerah dan asam dengan hasil akhir yang cepat, atau Sumatra yang berat namun halus yang bertahan di lidah Anda? Panggang lebih ringan, atau gelap? Kopi dari negara tertentu disebut single origin; ketika kopi dari negara yang berbeda dan dengan profil rasa yang berbeda dicampur mereka disebut campuran. Jadi, campuran sering kali memiliki nama yang tidak selalu mencerminkan asalnya, seperti Breakfast Blend, atau Uncle Ben’s Blend.

Kecuali jika palet Anda telah menjelajahi dunia kopi, kemungkinan besar ada banyak negara yang kopinya belum Anda coba. Petakan perjalanan kopi Anda. Mungkin mulai dengan favorit kantor, Kolombia, dan kemudian berkembang ke Ethiopia yang menyenangkan dan buah. Rasakan perbedaan antara Guatemala dan Nikaragua. Atau Kenya dan Tanzania.

Untuk mencicipi secangkir kopi terbaik, yang terbaik adalah membeli biji kopi utuh dan menggilingnya sebelum diseduh. Kopi dapat digiling dengan memutar bilah – penggiling bilah, atau dihancurkan dengan dua set gigi logam yang digiling secara tepat yang disebut gerinda. Gerinda gerinda dianggap lebih unggul dari gaya pisau karena menggiling lebih merata.

Jika Anda ingin menyeduh kopi dengan cara yang menonjolkan seluruh isi, kekayaan, dan rasanya, gunakan French press. Terlepas dari harga, mereka semua melakukan hal yang sama dengan cara yang sama. Pengoperasiannya sangat sederhana: masukkan kopi bubuk kasar Anda, tambahkan air panas (suhu penyeduhan yang benar adalah 195-205 Fahrenheit), aduk, dan tunggu 4 menit (nikmati aromanya sambil menunggu). Kemudian tekan plunger dan tuangkan kopi ke dalam cangkir Anda.

Katakanlah Anda tidak ingin mengacaukan pers. Meja dapur tradisional, pembuat kopi tetes lebih mudah dibersihkan dan lebih praktis saat menyeduh untuk kelompok orang. Pilih unit yang memiliki teko termal alih-alih panci kaca dengan kompor listrik. Juga, cari keranjang pembuatan bir yang dapat dilepas (lebih mudah dibersihkan) dan fitur mati otomatis (untuk keamanan).

Air yang disaring sangat penting untuk rasa kopi yang enak. Secangkir kopi mengandung sekitar 97% air. Terlepas dari metode pembuatan bir, selalu gunakan air yang disaring – bukan keran langsung atau sulingan. Air keran mengandung banyak bahan kimia, misalnya klorin, yang mencemari kopi.

Bumbu hanya dibatasi oleh imajinasi Anda. Kemungkinan termasuk gula (butiran putih atau mentah), susu, non-susu, susu kedelai, sirup rasa, kayu manis, kapulaga, dan daftarnya terus berlanjut. Atau hanya minum hitam.

Terakhir, berapa lama pound itu akan bertahan? Metode pembuatan bir standar adalah 1 sendok makan (sekitar ons) kopi bubuk per 6 ons air. (Anda dapat menyesuaikan rasionya dengan selera Anda.) Kebanyakan mug menampung 12 ons, membutuhkan sekitar ons kopi bubuk. Dengan asumsi satu cangkir per hari, (30 cangkir kali ons) itu kira-kira satu pon per bulan.

Dengan kombinasi biji, peralatan, dan air yang luar biasa, Anda dapat menyeduh kopi yang melebihi harapan Anda setiap saat. Ingat, ini semua tentang kopi: cari yang terbaik.

Jika Anda ingin membeli kopi dengan kualitas terbaik Anda dapat membelinya di Kopi Robusta Mandailing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *